Analisis Faktor Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

  • Rike Kurnia Sari Universitas Jambi
Keywords: Motivasi Belajar, Pembelajaran IPA, Siswa

Abstract

Purpose of the study: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 80/I Rengas CondongKecamatan Muara Bulian.

Methodology: Jenis penelitian adalah pendekatan deskriptif kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, sementara teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.

Main Findings: Hasil analisis faktor rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 80/I Rengas Condong Kecamatan Muara Bulian melalui 1) disiplin belajar,ditemukan siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru, memiliki partisipasi rendah dalam KBM, asyik bercanda dan mengobrol, tidak membawa buku dan alat belajar. 2) Sikap belajar, ditemukan siswa yang tidak terlibat dalam diskusi kelas maupun diskusi kelompok, serta siswa yang acuh tak acuh terhadap dinamika kelas. 3) Tingkat keaktifan, ditemukan siswa yang kurang mendengarkan penjelasan guru, siswa yang kurang perhatian terhadap tugas individu dan kelompok, siswa dengan rasa ingin tahu rendah, dan siswa tidak memiliki keberanian dalam bertanya dan menjawab. 4) Kepuasan terhadap hasil belajar rendah ditemukan 42% siswa memiliki nilai belajar dibawah KKM. 5) Hubungan, siswa dengan siswa, serta siswa dengan guru dikelas berjalan dengan baik.

Novelty/Originality of this study: keterbaruan dalam penelitian ini adalah bahan kajian dan pengembangan bagi lembaga pendidikan tingkat sekolah dasar dalam membantu kepala sekolah dan guru guna meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA.

References

[1] Arifin, Zainal. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Aunurrahman.(2013). Belajardan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
[2] Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2007). Edisi Ketiga. Pendidikan Nasional, Jakarta: Balai Pustaka
[3] Bani, Ahmad Saebani.(2008). Metode Penelitian. Bandung: PustakaSetia
[4] Catharina,Tri Anni. (2006). Psikologi Belajar. Semarang, UPT MKK UNNES
[5] Dimyati dan Moedjiono.(2002).Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: RinekaCipta
[6] Djaali.(2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara
[7] Rooijakkers, Ad. (1991). Mengajar dengan Sukses: Petunjuk Untuk Merencanakan dan Menyampaikan Pengajaran. Jakarta: PT Presindo
[8] Moleong, J. Lexy.(2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya
[9] Syaodih Sukmadinata. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Published
2020-06-30
How to Cite
[1]
R. K. Sari, “Analisis Faktor Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar”, Ind. Jou. Edu. Rsc, vol. 1, no. 3, pp. 89-93, Jun. 2020.
Section
Articles