Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Menanamkan Disiplin pada Siswa SD Negeri 99/I Benteng Rendah Kecamatan Mersam

  • Isfanola Isfanola Universitas Jambi
Keywords: Disiplin, Ekstrakurikuler, Pramuka, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka bentuk-bentuk kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan disiplin pada siswa kelas V di SD Negeri 99/I Benteng Rendah.

Metodologi: Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa SD Negeri 99/I Benteng Rendah Kecamatan Mersam, yang berjumlah 21 orang. Informan yang dipilih adalah Pembina Pramuka SD Negeri 99/I Benteng Rendah Kecamatan Mersam. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif menggunakan analisis data lapangan model Miles and Hubeman yang meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/ verification).

Temuan Utama: Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan dilakukan dengan membuat materi kegiatan ekstrakurikuler pramuka untuk semester I dan semester II tahun ajaran 2016/2017. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilakukan setiap hari sabtu setelah jam belajar sekolah usai, dengan materi mengacu pada materi semesteran yang telah disusun. Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilakukan secara tertulis sebelum ujian semester, evaluasi didasarkan pada hasil tes tertulis ditambah dengan presensi. Bentuk-bentuk kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan disiplin pada siswa kelas V di SD Negeri 99/I Benteng Rendah dalam disiplin waktu ditanamkan melalui apel pramuka dan latihan upacara, serta tugas-tugas terkait dengan kegiatan ekstrakurikuler. Disiplin dalam berpakaian ditanamkan melalui pemeriksaan kerapihan berpakaian dan kelengkapan atribut pramuka. Disiplin dalam mentaati aturan ditanamkan melalui setiap bagian kegiatan ekstrakurikuler pramuka seperti PBB, latihan upacara, dan menghafal Tri Satya.

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Keterbaruan penelitian ini adalah mengadakan kegiatan ekstrakurikuler pramuka untuk menanamkan sikap disiplin siswa.

References

A. Widodo, “Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Menengah,” Makalah disajikan dalam Workshop Implementasi Ekstrakurikuler Wajib Pramuka dalam Kurikulum 2013 di Universitas Negeri Yogyakarta pada tanggal 29 November 2014, 2014.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, 2010.

E. B. Hurlock, “Perkembangan Anak. (Alih bahasa : Meitasari Tjandrasa),” Jakarta, Erlangga, 1978.

F. S. Suharto, & Syahdewa, “Bahan Ajar Pramuka,” PT. Teratai Emas Indah, 1980.

J. W. Santrock, “Perkembangan Anak, Edisi Ketujuh,” Jakarta, Erlangga, 2007.

Kwarnas, “Bahan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan,” Jakarta, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, 1983.

L. J. Koenig, “Smart Discipline : Menanamkan Disiplin dan Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak,” Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama, 2003.

Mahmud, “Metode Penelitian Pendidikan,” Bandung, Pustaka Setia, 2011.

Permendikbud No. 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler, 2014.

Marijan, “Metode Pendidikan Anak,” Yogyakarta, Sabda Media, 2012.

M. Shochib, “Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri,” Jakarta, Rineka Cipta, 2010.

N. S. Sukmadinata, “Metode Penelitian Pendidikan,” Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, “Kepramukaan: Bahan Ajar Implementasi Kurikulum 2013 untuk Kepala Sekolah,” Jakarta, Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan PSDMPK dan PMP Kemendikbud, 2014.

R. E. Izzaty, “Perkembangan Peserta Didik,” Yogyakarta, UNY Press, 2008.

S. Munawaroh, dkk, “Perilaku Disiplin dan Kejujuran Generasi Muda di Daerah Istimewa Yogyakarta,” Yogyakarta, Balai Pelestarian Nilai Budaya Struktur Organisasi Gerakan Pramuka Indonesia, 2013.

P. Wirajaya, “Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar,” Yogyakarta, Kwarda, 2011.S. Arikunto, “Prosedur Penelitian,” Jakarta, Rineka Cipta, 2002.

Suharso, & A. Retnoningsih, “Kamus Besar Bahasa Indonesia : Edisi Lux,” Semarang, Widya Karya, 2011.

Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D,” Bandung, Alfabeta, 2010.

S. Kurniawan, “Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat,” Yogyakarta, Ar-Ruzz Media, 2013.

W.J.S Poerwadarminta, “Kamus Umum Bahasa Indonesia,” Jakarta, Balai Pustaka, 1984.

Y. M. Saputra, “Pengembangan Kegiatan KO dan Ekstra Kurikuler,” Bandung, Depdikbud, 1998.

Published
2022-10-28
How to Cite
[1]
I. Isfanola, “Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Menanamkan Disiplin pada Siswa SD Negeri 99/I Benteng Rendah Kecamatan Mersam”, Ind. Jou. Edu. Rsc, vol. 3, no. 5, pp. 103-108, Oct. 2022.
Section
Articles