Pengaruh Motivasi Belajar dan Manajemen Diri terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi

  • Dwi Anggraeni Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Jambi
Keywords: Motivasi, Manajemen diri, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh motivasi belajar dan manajemen diri terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi.

Metodologi: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan tergolong pada penelitian Ex-Post Facto Dalam penelitian ini variabel bebasnya adalah X : (X1) Motivasi belajar, (X2) Manajemen Diri. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Muaro Jambi kelas XI IPS sebanyak 148 orang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 60 responden (siswa). Penentuan responden dengan menggunakan metode Proposional Random Sampling. teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji regresi linear berganda.

Temuan Utama: Terdapat pengaruh motivasi belajar dan manajemen diri terhadap hasil belajar secara bersama-sama pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi dengan perolehan Fhitung lebih besar dari Ftabel (Fhitung = 29,488 > Ftabel = 3,15). Maka hal ini dapat dikatakan bahwa tinggi atau rendahnya hasil belajar disebabkan oleh motivasi belajar dan manajemen diri.

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Untuk meningkatkan hasil belajar, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai faktor lain yang turut berhubungan terhadap peningkatan hasil belajar.

References

Purwanto, “Evaluasi Hasil belajar” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Aunurrahman, “Belajar dan Pembelajaran,” Bandung: Alfabeta, 2009.

Dimyati dan Mudjiono, “Belajar dan Pembelajaran,” Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2013.

Goleman, Daniel, “Kecerdasan Emosi: Untuk Mencapai Puncak Prestasi”Terjemahan Alex Tri Kantjono, PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta, 2005.

Hadi, Sutrisno, “Metodologi Research” Yogyakarta: Andi Offest, 2001.

Hamalik, Oemar, “Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum,” Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2008.

Husna, A. Try, “Pengaruh Strategi Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 11 Kota Jambi,” 2016.

Jawwad, Ahmad Abdul, “Manajemen Diri,” Bandung: Savei Generation, 2009.

Prijosaksono, A. & Sembel, R., “Self Management Series- Control Your Life (Aplikasi Praktis Manajemen Diri Dalam Kehidupan Sehari- hari),” Jakarta: PT. Gramedia, 2002.

Rusman, “Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21,” Bandung: Alfabeta, 2013.

Uno, B. H., “ Teori Motivasi dan Pengukurannya. Analisis Dibidang Pendidikan,” Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013.

Arikunto, Suharsimi, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,” Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Arikunto, Suharsimi, “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,” Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Neolaka, Almos, “Metode Penelitian dan Statistik,” Bandung: Rosdakarya, 2014.

Riduwan, “Pengantar Statistika Sosial,” Bandung: Alfabeta, 2014.

Yamin, M, “Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi,” Jakarta: Referensi GP Press Group, 2012.

Published
2022-05-30
How to Cite
[1]
D. Anggraeni, “Pengaruh Motivasi Belajar dan Manajemen Diri terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi”, Ind. Jou. Edu. Rsc, vol. 3, no. 3, pp. 70-74, May 2022.
Section
Articles