Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn

  • Imrotus Sholehah Universitas Jambi
Keywords: Interaksi, Minat Belajar, Teman Sebaya, PPKn

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya terhadap minat belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi pada mata pelajaran PPKn.

Metodologi: Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif bersifat ex post facto, yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 176 dan sampelnya berjumlah 64 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang berisikan 22 item untuk teman sebaya dan 23 item untuk minat belajar. Data diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada responden yaitu siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Setelah angket diisi dan dikembalikan, selanjutnya melakukan pengolahan dan perhitungan data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS release 22.0.

Temuan Utama: Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi teman sebaya termasuk kategori baik dengan presentase (60.94%) dan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn termasuk kategori tinggi (67.19%). Penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara teman sebaya dan minat belajar siswa. Besaran pengaruh dapat dilihat pada hasil uji hipotesis sebesar 0,619 dengan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05 serta hasil koefisien determinasi sebesar 0,383 dengan presentase sebesar 38,3%. Sedangkan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung = 6,203 > ttabel = 1,550 (tabel nilai signifikan 5%).

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh interaksi teman sebayaterhadap minat belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi pada matapelajaran PPKn.

References

W. S. Sarwono, Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Press, 2014.

M. Syah, . Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya, 2014.

W. J. Santrock, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

U. Tirtarahardja and L. Sulo, Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Suyono and Hariyanto, Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Widiasworo, Masalah-Masalah Peserta Didik dalam Kelas dan Solusinya. Yogyakarta: Araska, 2017.

Published
2022-04-28
How to Cite
[1]
I. Sholehah, “Pengaruh Interaksi Teman Sebaya terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn”, Ind. Jou. Edu. Rsc, vol. 3, no. 2, pp. 39-42, Apr. 2022.
Section
Articles