Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah

  • Hamidah Hamidah Universitas Jambi
Keywords: Lingkungan, Keluarga, Motivasi, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajara terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah.

Metodologi: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat ex-post fakto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi, yang berjumlah 158 orang. Sedangkan instrumen penelitian ini berupa angket, data yang diperoleh dengan menyebar angket kepada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS 22.0.

Temuan Utama: Ada pengarauh signifikansi lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro jambi dengan nilai F hitung 62,396 > 3,05 pada signifikansi 0.000, serta hasil koenfiensi determinasi sebesar 0,446 atau 55,4%.

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Penelitian ini melihat pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik.

References

Triwiyanto Teguh, “Pengantar Pendidian,” Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.

Wahyuni Sri dan Agung Leo, “Perencanaan Pembelajaran Sejarah,” Yogyakarta: Ombak Dua, 2013.

Brian Garvey, dan Mary Krug, “Pembelajaran sejarah (sekolah Menengah),” Yogyakarta: Ombak, 2015.

Sudjana Nana, “Penialaian hasil proses belajar mengajar,” Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Aunurrahman. 2013. Belajar dan. Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Rahmasari Diana, dan Kukuh Bayu Prasetio, “Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa,” Jurnal Penelitian Psikologi, vol 07, no 1, 2016.

Arief Zagladi dan Muliyani Yohana, “Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Prestasi Belajar Siswa Terhadap Minat Untuk Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa SMA PGRI 6 Banjarmasin,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis,vol 1, no 3, 2015.

Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D),” Bandung: Alfabeta, 2014.

Dermawan Deni, “Metode Penelitian Kuantitatif,” Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Susanto Ahmad, “Teori Belajar dan pembelajaran,” Jakarta: Prenadamedia Group, 2013.

Published
2022-02-25
How to Cite
[1]
H. Hamidah, “Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah”, Ind. Jou. Edu. Rsc, vol. 3, no. 1, pp. 21-25, Feb. 2022.
Section
Articles