Implikatur Percakapan Meminta pada Anak Usia Remaja dalam Bahasa Minangkabau di Nagari Barung-Barung Balantai Kecamatan Koto XI Tarusa Kabupaten Pesisir Selatan

  • Aprilia Susanti Universitas Jambi
Keywords: Minangkabau, Bentuk Lingual, Satuan Pragmitis

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk lingual (BL) implikatur percakapan meminta dalam bahasa Minangkabau, mendeskripsikan satuan pragmatis (SP) yang mendukung implikatur percakapan meminta pada anak usia remaja dalam bahasa Minangkabau, serta mengetahui mecam-macam implikasi pragmatis meminta dalam bahasa Minangkabau

Metodologi: Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif  dan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Data penelitian  terdiri atas wacana percakapan dan situasi ujar. Data dikumpulkan dari informan anak usia remaja di Nagari Barung-Barung Balantai Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik catat yang memakaimetode simak. Analisis data menggunakan analisis pragmatik. Pengecekan keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi: data dan metode.

Temuan Utama: Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk lingual implikatur percakapan  meminta pada anak usia remaja dalam bahasa Minangkabau di Nagari Barung-Barung Balantai Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan berupa kalimat berita, kalimat tanya, dan kalimat perintah. Satuan pragmatis IP ada sembilan macam: menginformasikan fakta, menyatakan kesenangan, menilai, mengingatkan, meyakinkan, mengeluh, bertanya, menyatakan kehendak, dan menyuruh.

Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Mengetahui implikatur percakapan meminta pada anak usia remaja dalam bahasa minangkabau.

References

Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal tarbiyah, 24(2).

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10.

Wiryotinoyo, M. 2006. Analisis Pragmatik dalam Penelitian Penggunaan Bahasa. Jurnal

Syamsu, Y. 2002. Psikologi perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Rosda Karya.

Wiryotinoyo, M. 2010. Implikatur Percakapan Anak Usia Sekolah Dasar. Malang: UM Press.70

Pramujiono, A., Suhari, S. H., Rachmadtullah, R., Indrayanti, T., & Setiawan, B. (2020). Kesantunan Berbahasa, Pendidikan Karater, Dan Pembelajaran Yang Humanis. Indocamp.

Arikunto, S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mayasari, R. 2008. Implikatur Percakapan dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Baru

Published
2021-10-28
How to Cite
[1]
A. Susanti, “Implikatur Percakapan Meminta pada Anak Usia Remaja dalam Bahasa Minangkabau di Nagari Barung-Barung Balantai Kecamatan Koto XI Tarusa Kabupaten Pesisir Selatan”, Ind. Jou. Edu. Rsc, vol. 2, no. 5, pp. 110-118, Oct. 2021.
Section
Articles