Pengembangan Media Pembelajaran Dakon Bilangan Pada Pembelajaran Matematika: Konsep FPB Dan KPK Siswa kelas IV Sekolah Dasar

  • Komariah Komariah SDN 98/X Rantau Indah
Keywords: Matematika, Media Pembelajaran, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan model Hannafin & Peck, mengetahui kevalidan media, mengetahui kepraktisan media, dan mengetahui keefektifan media pembelajaran pada materi KPK dan FPB di kelas IV Sekolah Dasar.

Metodologi: Tahap penelitian ini menggunakan model pengembangan Hannafin & Peck dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 98/X Rantau Indah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen kevalidan, kepraktisan dan instrumen keefektifan.

Temuan Utama: Hasil penelitian ini berupa prosedur pengembangan yang menghasilkan sebuah produk berupa media dakon bilangan yang valid, praktis dan efektif. Hasil validasi media memperoleh persentase keseluruhan 97,69 % dan validasi materi mendapat persentase keseluruhan 86,13 %. Untuk keefektifan media termasuk pada klasifikasi tinggi dengan nilai 0,702 dan media dakon bilangan dinyatakan efektif. Hasil dari angket respon guru memperoleh persentase keseluruhan 90% dan respon siswa memperoleh persentase 91,68 %.

Aplikasi dalam Penelitian: Pengembangan media pembelajaran sangat penting dilakukan agar terciptanya pembelajaran yang menarik siswa.

Keterbarauan: Keterbaruan dalam penelitian ini adalah produk untuk media pembelajaran matematika untuk siswa sekolah dasar.

References

Husamah & Setyaningrum, Y. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Pitajeng. 2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.

Widoyoko, E.P. 2017. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tegeh, M. I.N.J & Ketut, P. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lukman & Ishartiwi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Mind Map Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Volume 1 – Nomor 2, 2014. (online) luxssains@yahoo.co.id, diakses 28 Februari 2018.

Amin, A. 2005. Pengembangan Media Permainan Dakonmatika pada Materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) bagi Siswa Kelas IV Baitur Rohim. Skripsi. UIN Sunan Ampel. Surabaya.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Asyhar, R & Khairanil. 2010. Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Jakarta:Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta:Gaung Persada.

Published
2020-05-31
How to Cite
[1]
K. Komariah, “Pengembangan Media Pembelajaran Dakon Bilangan Pada Pembelajaran Matematika: Konsep FPB Dan KPK Siswa kelas IV Sekolah Dasar”, J. Bs. Edu. R, vol. 1, no. 2, pp. 62-65, May 2020.
Section
Articles