Perbandingan Permainan Modern dan Permainan Tradisional Terhadap Muatan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

  • Muhammad Dewa Zulkhi Universitas Jambi
  • Miftahul Jannah Universitas Jambi
Keywords: Permainan Modern, Permainan Tradisional, Pembelajaran IPS

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan permainan modern dan permainan tradisional terhadap muatan pembelajaran ips

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan  sampel 44 siswa kelas  VA dan V B di SDN 76/I Sungai buluh. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial.

Temuan Utama: Permainan modern dan permainan tradisional siswa dapat dilihat pada pembelajaran muatan ips. Dari kedua variabel tersebut, permainan tradisional dalam pembelajaran muatan ips dominan dalam kategori sangat baik, sedangkan permainan modern dalam pembelajaran muatan ips dominan sudah baik.

Keterbaruan Penelitian: Keterbaruan dalam penelitian ini berupa pemaparan tentang permainan modern dan permainan tradisional siswa pada pembelajaran muatan ips

References

Y. Mulyana, dan A. S. Lengkana, Permainan tradisional. Yogyakarta: Salam Insan Mulia. 2019.

H. Gunawan, Pendidikan Karakter. Bandung: Afabeta, 2012.

S. Y. Saputra, “Permainan tradisional vs permainan modern dalam penanaman nilai karakter di sekolah dasar,” ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 85-94, 2017.

L. M. Jannah, Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2019.

R. Fitriani, Astalini, dan D. A. Kurniawan, “Studi Ekploratif: Pengembangan E-Modul Fisika Matematika 1 pada Materi Diferensial Parsial Berbasis Flip Pdf Profesional”, Al Ulum Jurnal Sains Dan Teknologi, vol. 7, no. 1, pp. 1-9, 2022.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta. 2019.

E. Y. Sutopo, dan A. Slamet, Statistik Inferensial. Yogyakarta: Penerbit Andi. 2017.

J. Riany, M. Fajar, dan M. P. Lukman, “Penerapan deep sentiment analysis pada angket penilaian terbuka menggunakan K-Nearest Neighbor”, SISFO, vol. 6, no. 1, 2016.

R. Fitriani, W. A. Putri, E. F. S. Rini, N. H. Sehab, and M. R. Pratiwi, “Pengaruh Kerja Keras Terhadap Hasil Belajar Siswa,” SAP (Susunan Artik. Pendidikan), vol. 5, no. 3, pp. 213–220, 2021.

R. Fitriani et al., “Analisis Karakter Kerja Keras Siswa Kelas XI IPA di SMAN 1 Kota Jambi,” PENDIPA J. Sci. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 188–194, 2021.

R. Fitriani et al., “Mendeskripsikan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Kegiatan Praktikum Viskositas di SMAN 1 Muaro Jambi,” PENDIPA J. Sci. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 173–179, 2021.

H. Syarif, dan A. Putra, “Pengaruh Progressive Muscle Relaxation Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Pasien Kanker Yang Menjalani Kemoterapi; A Randomized Clinical Trial”, Idea Nursing Journal, vol. 5, no. 3, 1-8, 2014.

S. Y. Saputra, “Permainan tradisional vs permainan modern dalam penanaman nilai karakter di sekolah dasar”. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, vol. 1, no. 1, 2017.

Published
2021-05-31
How to Cite
[1]
M. D. Zulkhi and M. Jannah, “Perbandingan Permainan Modern dan Permainan Tradisional Terhadap Muatan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar”, J. Bs. Edu. R, vol. 2, no. 2, pp. 42-46, May 2021.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)