Pengembangan Video Animasi Berbasis Kontekstual Pada Pelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar

  • Nancy Wariaka SD Negeri 2 Kairatu
  • Y Walalayo SD Negeri 2 Kairatu
Keywords: Pembelajaran Kontekstual, Siswa, Vidio

Abstract

Tujuan Penelitian: Media pembelajaran sangat erat kaitannya dengan proses pembelajaran. Dalam pemilihan media pembelajaran guru harus menyesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik. Media video animasi dapat membantu peserta didik memahami konsep pembelajaran IPA. Video dapat menjelaskan kondisi abstrak menjadi nyata dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian dan pengembangan ini diwujudkan dalam bentuk media pembelajaran video animasi berbasis kontekstual pada simpang lima IPA kelas V di sekolah dasar yang praktis dan menarik.

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan Model menggunakan model pengembangan DDD-E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan, daya tarik, dan kepraktisan video animasi berbasis kontekstual pada pembelajaran IPA kelas V di sekolah dasar. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas V SD Negeri 2 Kairatu. hasil penelitian dan pengembangan ini diperoleh melalui validasi media, validasi materi, dan respon peserta didik dan guru dengan menggunakan angket pengembangan video animasi berbasis kontekstual pada pembelajaran IPA kelas V di sekolah dasar.

Temuan Utama: Hasil dari penelitian ini adalah video animasi berbasis konteks pada pembelajaran IPA kelas V SD yang valid, praktis, dan menarik. Hasil validasi dari validator media diperoleh skor rata-rata 4,1 dengan kategori “sangat valid”. validator materi memperoleh skor rata-rata 4,6 dengan kategori “sangat valid”. Setelah memenuhi syarat uji coba diperoleh skor rata-rata 4,65 pada kategori “sangat menarik” untuk uji coba kelompok kecil dan uji coba kepada guru memperoleh skor 4,6 pada kategori “sangat praktis”.

Keterbaruan Penelitian: Video animasi berbasis konteks pada pembelajaran IPA kelas V SD ini praktis saat digunakan oleh guru dan menarik bagi siswa, hal ini diperoleh dari hasil angket respon guru dan siswa.

References

A. Arsyad, “Media Pembelajaran”. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

Aunurrahman, “Belajar dan Pembalajaran”. Bandung: Alfabeta, 2013.

Z. Aqib, “Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif)”. Bandung: Yrama Widya, 2013.

M. Yamin, “Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran”. Jakarta: GP Press, 2013.

A. Asrial, S. Syahrial, D. A. Kurniawan, M. Subandiyo, and N. Amalina, “Exploring Obstacles in Leanguage Learning Among Prospective Primay School Teacher,” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 8, no. 2, pp. 249-254, 2019

S. Nadori and R. Hoyi, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Software Aurora 3D Materi Pengukuran”, Jor. Eva. Edu, vol. 1, no. 3, pp. 78-82, 2021.

E. R. Wati, “Ragam Media Pembelajaran”. Yogyakarta: Kata Pena, 2016.

D. A. Kurniawan, A. Astalini, D. Darmaji, R. Melsayanti, “Student’s Attitude Towards Natural Science,” International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), vol. 8, no. 3, pp. 463-468, 2019

Y. Parwati and D. Nafisyah, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Software Aurora 3d Materi Pengukuran”, Jor. Eva. Edu, vol. 1, no. 3, pp. 96-100, 2021.

Ruslan, “Animasi Perkembangan dan Konsepnya”. Bogor: Ghalia Indonesia, 2016.

Sugiono, “Metode Penelitian & Pengembangan”. Bandung: Alfabeta, 2016.

Trianto, “Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual”. Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.

D. A. Kurniawan, A. Astalini, D. Darmaji, and R. Melsayanti, "Students’ attitude towards natural sciences," Int. J. Eval. & Res. Educ, vol 8, no. 3, pp. 455-460, 2019

Published
2020-09-30
How to Cite
[1]
N. Wariaka and Y. Walalayo, “Pengembangan Video Animasi Berbasis Kontekstual Pada Pelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar”, J. Bs. Edu. R, vol. 1, no. 3, pp. 87-92, Sep. 2020.
Section
Articles